MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

  • Afifatul Luthfiyah Universitas Pekalongan
  • Binar Kharisma Valentina Universitas Pekalongan
  • Fiza Zulvia Ningrum Universitas Pekalongan
  • Ma’ruf Islammudin Universitas Pekalongan
  • Zumrotun Universitas Pekalongan
Keywords: Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran, SSCS (Search, Solve, Create, and Share)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ini adalah studi kepustakaan. Pada abad 21, pembelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki karakteristik 4C: Communication (komunikasi), Collaboration (kerja sama), Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah), Creativity and Innovation (kreatif dan inovatif). Salah satu karakteristik yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah, karena dengan kemampuan pemecahan masalah siswa dapat menghasilkan pengetahuan yang benar-benar bermakna dari proses siswa mencari solusi pemecahan masalahnya sendiri. Kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dilatih dan dikembangkan melalui proses pembelajaran yang dikemas sedemikian rupa dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki oleh siswa. Kemampuan pemecahan masalah siswa menurut Polya dapat dilakukan melalui tahapan, diantaranya : memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana, dan menelusuri kembali. Melalui model pembelajaran SSCS, kemampuan pemecahan masalah siswa dapat ditingkatkan karena tahapan model pembelajaran SSCS, yaitu Search (menyelidiki masalah), Solve (merencanakan perencanaan masalah), Create (mengkonstruksi masalah), dan Share (mengkomunikasikan penyelesaian yang telah diperoleh) bersesuaian dengan tahapan pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya.