MENGEMBANGKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII MATERI PENYAJIAN DATA

  • Alisa Sinatria Putri Universitas Pekalongan
  • Nahdliyatul Lillah Universitas Pekalongan
  • Mia Zida Ilmiyah Universitas Pekalongan
Keywords: Matematika, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif

Abstract

Pembelajaran matematika pada saat ini cenderung membosankan bagi siswa, karena pembelajaran hanya berpusat pada guru sehingga tidak memunculkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sebagai guru harus kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan multimedia interaktif untuk menunjang proses pembelajaran. Dengan adanya mukltimedia interaktif pembelajaran akan lebih efektif, berkesan dan mudah diingat oleh siswa. tujuan multimedia interaktif untuk mempermudah siswa memahami materi penyajian data melalui media interaktif agar pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan. Multimedia interaktif yang dikembangkan sesuai dengan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran pada materi penyajian data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan multimedia interaktif yang sudah divalidasi oleh beberapa guru matematika tingkat SMP. Kemudian hasil validasi dihitung dengan menggunakan indeks aiken. Dari perhitungan validitas tersebut, Multimedia Interaktif Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Kelas 7 SMP termasuk dalam kategori validitas tinggi. Multimedia interaktif ini diharapkan dapat mempermudah guru dalam proses pembelajaran di kelas dan menarik perhatian siswa tentang materi yang disampaikan.