PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

  • Vika Fadlikah Universitas Pekalongan
  • Aprilia Rahmawati Universitas Pekalongan
Keywords: Pengembangan, Powerpoint, , Multimedia Pembelajaran, kontekstual, Teorema Pythagoras

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak pada proses pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Faktanya, masih banyak guru yang belum memanfaatkan teknologi yang ada untuk membantu menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada materi teorema Pythagoras yang valid dilakukan ujicoba. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengembangan menggunakan model pengembangan 4D akan tetapi hanya sampai pada tahap develop yaitu validasi produk multimedia pembelajaran, sehingga hasil penelitian berupa tingkat kevalidan produk berdasarkan penilaian dari validator. Multimedia ini diproduksi dengan memanfaatkan fitu-fitur pada microsoft powerpoint. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Validator merupakan guru matematika SMP dari 3 sekolah yang berbeda yang ada di Kabupaten Pekalongan. Adapun teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan skala pengukuran rating scale. Berdasarkan analisis validasi, validator 1 diperoleh persentase kevalidan sebesar 92,67% dengan kriteria sangat valid, validator 2 diperoleh persentase kevalidan sebesar 85,33% dengan kriteria sangat valid, dan validator 3 diperoleh persentase kevalidan sebesar 87,33% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validasi dari tiga validator tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada materi teorema pythagoras dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan sebesar 88,45%