ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK N 1 BATANG

  • Atik Dina Nasikhah Universitas Pekalongan
  • Milda Yuliyani Universitas Pekalongan
  • Nurul Khikmah Universitas Pekalongan
  • Windi Dina Safitri Universitas Pekalongan
Keywords: Pandemi covid-19, Pembelajaran online, Video pembelajaran matematika

Abstract

Dampak dari Covid-19 segala aktivitas dibatasi dan dialihkan melalui online dalam aspek pendidikankhususnya dalam pembelajaran matematika membutuhkan penjelasan materi secara detail bagi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah dibutuhkan video pembelajaran matematika dalam kondisi pandemi covid 19 di SMK N 1 BATANG. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpuulan data menggunakan wawancara dan penyebaran angket kepada siswa. Angket yang digunakan menggunakan skala likert sehingga hasil yang akan diperoleh > 40% dinyatakan membutuhkan video pembelajaran matematika.Hasil dari penelitian ini adalah bahwa siswamembutuhkan video pembelajaran matematika dalam meningkatkan konsep pemahaman siswa dengan rincian 1) Jenis media yang dibutuhkan siawa dalam pembelajaran matematika antara lain terdapat 71,9 % siswa menyatakan setuju membutuhkan vidio pembelajaran dan terdapat juga 60,9 % siswa menyatakan setuju membutuhkan media materi tertulis sebagai pendamping vidio pembelajaran 2)Isi tampilan dari vidio pembelajaran yang dibutuhkan siswa antara lain 54,7 % siswa setuju membutuhkan vidio pembelajaran yang memuat tutorial duru mengajar dikelas. 65,6 % siswa setuju membutuhkan vidio pembelajaran dengan background dan amimasi yang menarik, 3)Isi materi dari vidio pembelajaran yang dibutuhkan siswa antara lain 71,9 % siswa setuju membutuhkan vidio pembelajaran yang memuat materi pemahaham konsep rumus yang dijelaskan, 64,1 % siswa setuju membutuhkan vidio pembelajaran yang berisi teks & ilustrasi gambar/grafik dan 67,2 % siswa setuju membutuhkan link embed quis interaktif dalam vidio pembelajaran tersebut, 4)77,6 % siswa menyatakan yakin akan kebutuhan vidio pembelajaran untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar sedangkan 22,4% siswa tidak yakin akan kebutuhan vidio pembelajaran untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar.