ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII C SMP N 2 WONOPRINGGO

  • Lies Diana Pebrianti Universitas Pekalongan
  • M. Najibufahmi Universitas Pekalongan
Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Gaya Belajar, Kemandirian Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa yang ditinjau dari gaya belajar dan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar dan kemandirian belajar. Adapun tahap penelitian yang dilakukan terdiri dari : pengisian angket gaya belajar dan angket kemandirian belajar siswa,tes kemampuan koneksi matematis, analisis data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa : 1) kemampuan koneksi matematis yang termsuk dalam kategori baik 32,1 %. 2) kemampuan koneksi matematis yang termsuk dalam kategori cukup 42,8 %. 3) kemampuan koneksi matematis yang termsuk dalam kategori kurang 25 %