ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRANSFORMASI GEOMETRI BERDASARKAN KRITERIA WATSON

  • Dina Anastasia Maf’ula Universitas Pekalongan
  • Dewi Mardhiyana Universitas Pekalongan
Keywords: Analisis kesalahan, transformasi geometri, kriteria Watson

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal transformasi geometri berdasarkan kriteria Watson dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 26 siswa kelas XI Farmasi 3 di SMK Muhammadiyah Karanganyar yang telah mempelajari materi transformasi geometri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk melihat jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Sedangkan wawancara untuk melihat penyebab faktor penyebab melakukan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dalam penelitian tidak mengalami semua kesalahan dari delapan jenis kesalahan menurut Watson. Jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa adalah inappropriate procedure (ip) yaitu prosedur yang digunakan tidak tepat, omitted conclusion (op) yaitu tidak mencapai kesimpulan, response level conflict (rlc) yaitu siswa berusaha menyelesaikan soal tetapi hasil yang diperoleh kurang logis, dan above others (ao) yaitu kesalahan lainnya seperti tidak mengerjakan soal, serta undirected manipulation (um) yaitu siswa menyelesaikan soal yang diberikan tanpa jelas diketahui darimana data diperoleh. Beberapa faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan adalah siswa mengerjakan dengan tergesa-gesa, siswa tidak memahami konsep, dan cara belajar yang tidak kontinu.