ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KECEMASAN SISWA BERDASARKAN LANGKAH POLYA

  • Rani Ardiani Universitas Pekalongan
  • Dewi Azizah Universitas Pekalongan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kecemasan dengan langkah Polya. Tahapan penyelesaian masalah menurut langkah Polya terdiri dari tahap memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali jawaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dengan subjek kelas VII SMP Islam Al-Bayan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kecemasan dan tes. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah: (1) siswa dengan tingkat kecemasan tinggi melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada semua langkah polya, (2) siswa dengan tingkat kecemasan sedang melakukan kesalahan membuat rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali jawaban dan (3) siswa dengan rendah kecemasan tinggi melakukan kesalahan menyelesaikan soal pada tahap memeriksa kembali jawaban. Tingkat kecemasan siswa sangat berpengaruh dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Semakin tinggi tingkat kecemasan siswa maka semakin banyak kesalahan yang dilakukan dan semakin rendah tingkat kecemasan siswa maka semakin sedikit kesalahan yang dilakukan.