ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TULIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING

  • Arni Sumartini Universitas Pekalongan
  • Amalia Fitri Universitas Pekalongan
Keywords: Minat Belajar, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulis pada pembelajaran matematika secara daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket bentuk skala Likert, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIIB SMP Negeri 2 Tulis. Hasil penelitian yaitu indikator minat belajar tercapai dengan hasil persentase kategori baik dengan rerata sebesar 63,32 %. Indikator perasaan senang memperoleh hasil persentase sebesar 63,28 %. Indikator perhatian memperoleh hasil persentase sebesar 64,38 %. Indikator ketertarikan memperoleh hasil persentase sebesar 63,28 %. Indikator keterlibatan memperoleh hasil persentase sebesar 62,34 %. Indikator perhatian memiliki hasil persentase paling besar yang mana hampir seluruh siswa mencatat materi pelajaran matematika yang disampaikan secara daring. Sayogyanya, minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulis pada pembelajaran matematika secara daring memiliki kategori yang sangat baik untuk memaksimalkan pembelajaran matematika secara daring.