PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDMODO MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA PEKALONGAN

  • Kharizatul Adila Universitas Pekalongan
Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Edmodo, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran berbasis Edmodo materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Pekalongan serta untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Edmodo materi sistem persamaan linier dua variabel yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan model penelitian pengembangan Thiagarajan. Tahapan pada penelitian ini yaitu : 1) define, 2) design, 3) develop, 4) disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop saja. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran yang berbasis edmodo yang melalui uji validasi dengan persentase rata-rata sebesar 86% menurut 8 validator dan uji kepraktisan dengan persentase rata-rata 82% menurut 30 siswa SMP Negeri 11 Kota Pekalongan Kelas VIII. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis edmodo ini memenuhi persyaratan dengan kualitas sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV).