PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL BERBANTU GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BOJONG TAHUN 2020/2021

  • Ni’mahtul maula Universitas Pekalongan
  • Nur Baiti Nasution Universitas Pekalongan
  • Rini Utami Universitas Pekalongan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa yang kurang menguasai berbagai materi, Salah satunya pada materi turunan. Materi tersebut banyak yang tidak menyukai dan juga masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaian soal yang berkaitan dengan turunan maupun integral hal tersebut membuat pembelajaran yang diterapkan belum maksimal, serta model pembelajaran yang kurang variatif. untuk itu perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yaitu dengan menerapkan media pembelajaran yang berbasis android. Media tersebut bertujuan untuk meningkat hasil belajar matematika siswa yang sedang rendah. Dibuktikkan oleh masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Drill berbantu google form terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Bojong. Metode penelitian yang digunakan adalah anava satu jalan dengan sistem pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Subjek penelitian ada tiga kelas yang terdiri dari kelas ekperimen satu yaitu XIII MIPA 4, kelas ekperimen dua yaitu XII MIPA 2 dan kelas kontrol yaitu XII MIPA 3. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes soal pilihan ganda dalam bentuk media android berupa google formulir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan uji scheffe diperoleh F_obs=195,8 lebih besar dari Ftabel = 6,06 maka disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode Drill berbantu google form efektif untuk meningkatkan hasil belajar,(2) Terdapat pengaruh yang sama baiknya antara metode drill berbantu google form berupa vidio dengan metode drill berbantu google form berupa gambar,(3) terdapat pengaruh metode drill berbantu google form yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode ekpositori.