EKSPERIMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK MTs ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH

  • Habibatus Salimah Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
  • Amalia Fitri Universitas Pekalongan
Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, LKPD

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas VII MTs Ishthifaiyah Nahdliyah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat mengarahkan peserta didik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan model Discovery Learning. Selain itu untuk memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran juga agar peserta didik mudah memahami, mandiri, dan aktif dalam pembelajaran maka digunakan media bantu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Discovery Learning berbantu LKPD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas VII MTs Ishthifaiyah Nahdliyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t diperoleh t_hitung = 2,178 lebih besar dari t_tabel = 1,668. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantu LKPD efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII MTs Ishthifaiyah Nahdliyah.