ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (STUDI KASUS DI SMP ISLAM PEGANDON)

  • Wisnu Wardana Universitas Pekalongan
  • Rini Utami Universitas Pekalongan
  • Nur Baiti Nasution Universitas Pekalongan
Keywords: Kesulitan Siswa, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis data secara mendalam tentang kesulitan pemahaman konsep pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah kelas VIII B SMP Islam Pegandon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Subjek penelitian ini ada 3 siswa kelas VIII B SMP Islam Pegandon yang terdiri dari 1 siswa dengan motivasi tinggi, 1 siswa dengan motivasi sedang, dan 1 siswa dengan motivasi rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar tes pemahaman konsep dan wawancara pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan simpulan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) siswa dengan motivasi tinggi kesulitan dalam mencapai dua indikator pemahaman konsep, (2) siswa dengan motivasi sedang kesulitan dalam mencapai dua indikator pemahaman konsep, (3) siswa dengan motivasi rendah kesulitan dalam mencapai enam indikator pemahaman konsep. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada dua indikator yang tidak dapat dicapai oleh semua subjek penelitian yaitu kemampuan siswa dalam mengulang konsep yang telah dipelajari dan kemampuan siswa dalam mengkorelasikan beberapa konsep matematika.