PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK KELAS VII MATERI HIMPUNAN

  • Leni Imroatus Salama Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
  • Dewi Azizah Universitas Pekalongan
Keywords: pengembangan, e-modul, kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk :(1) Mengembangkan e-modul matematika materi himpunan yang valid dengan berbasis kontekstual,(2) Mengembangkan e-modul matematika materi himpunan yang praktis dengan berbasis kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development reseach) dengan langkah pengembangan menurut SivasailamThiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel atau 4D tetapi dibatasi hanya sampai tahap pengembangan. Penelitian ini terdiri dari : (1) Tahap pendefisian (Define);(2) Tahap perancangan (Design);(3) Tahap pengembangan (Develop). Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa e-modul berbasis kontekstual untuk kelas VII SMP Negeri 1 Wiradesa. Isi e-modul ini berupa materi himpunan kelas VII dengan bantuan softwareFlipbook sebagai penunjang tampilan e-modul. E-modul yang dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh 8 validator yaitu 3 dosen dan 5 guru mata pelajaran matematika. Hasil validasi menunjukkan rata-rata validator sebesar 84% dikatakan sangat valid dan angket respon siswa dinyatakan praktis dengan nilai sebesar 79% yang berarti e-modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.