PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HAFALAN APLIKASI TEKTUAL KONTEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 COMAL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Nurul Aeni Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
  • Dewi Mardhiyana Universitas Pekalongan
Keywords: metode pemebelajaran Hafalan Aplikasi Tektual Kontektual, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Minat belajar

Abstract

Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah 2 Comal tahun ajaran 2020/2021. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa instrumen tes uraian untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah dan instrumen angket minat untuk mengukur tingkat minat belajar peserta didik . Analisis data menggunakan Anava dua jalan dengan sel tak sama dan uji lanjut scheffee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran hafalan aplikasi tektual kontektual terhadap kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari minat peserta didik SMP Muhammadiyah 2 Comal . Hasil penelitian menunjukan : (1) nilai F(A)obs = 0,625< F(A)tabel = 4,0098 maka H0A ditolak itu artinya tidak ada perbedaan efek antara metode pembelajaran hafalan aplikasi tekstual konteksual dan metode konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah, (2) nilai F(B)obs =12,6164 > F(B)tabel= 3,1588 maka H0B diterima Ada perbedaan efek antara minat belajar matematika peserta didik tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. dan (3) nilai F(AB)obs =0,6169 < F(AB)tabel =3,1558 maka H0AB ditolak hal tersebut berarti tidak ada interaksi antara metode pemebelajaran dan minat belajar matematika terhadap kemempuan pemecahan masalah metematis.