PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS VIII

  • Hildayatun Nafilah Universitas Pekalongan
  • Rini Utami Universitas Pekalongan
  • Nur Baiti Nasution Universitas Pekalongan
Keywords: Video Pembelajaran, Kemampuan pemahaman konsep, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII B MTs Rifa’iyah Wonokerto pada materi matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas melalui penggunaan video pembelajaran berbasis Microsoft PowerPoint pada pembelajaran matematika. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes kemampuan pemahaman konsep peserta didik dan instrument nontes motivasi belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, tes dan angket. Selanjutnya data hasil observasi, tes dan angket dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Rata-rata persentase kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik pada tes akhir siklus II sebanyak 83,75% dengan kriteria tinggi. (2) Persentase ketuntasan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, jumlah peserta didik yang mendapat nilai ≥ 75 pada tes akhir siklus II sebanyak 75% dengan kriteria tuntas.(3) Motivasi belajar peserta didik berada pada kriteria setengahnya peserta didik mmemiliki motivasi belajar pada pengisian angket siklus II sebesar 50,043% .