PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT, DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) PADA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI

  • Dewi Kurnia Dini Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
  • Muhamad Najibufahmi Universitas Pekalongan
Keywords: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Keaktifan Belajar, Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP N 2 Kedungwuni, 2) pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP N 2 Kedungwuni, 3) pengaruh keaktifan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP N 2 Kedungwuni, 4) pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar dan keaktifan belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP N 2 Kedungwuni. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 2 Kedungwuni. Melalui teknik cluster random sampling kemudian terpilih dua kelas sampel yaitu VII B sebagai kelas eksperimen, VII A sebagai kelas uji coba. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan tes. Analisis data diolah dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier ganda. Hasil analisis data menunjukan (1) kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 77% dengan persamaan Y ̂=-46,296 + 1,923X; (2) minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 85% dengan persamaan Y ̂=-56,765+1,846X; (3) keaktifan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 62% dengan persamaan Y ̂=-26,730+1,809 X; (4) kecerdasan emosional, minat dan keaktifan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 91% dengan persamaan Y ̂= -67,979+0,803X_1+0,906X_2+0,512X_3. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional, minat dan keaktifan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.