PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI PERANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU DI KELAS X FARMASI 2 SMK MUHAMMADIYAH KARANGANYAR

  • Luthfia Qothrun Nada Universitas Pekalongan
  • Syita Fatih 'Adna Universitas Pekalongan
  • Dewi Mardhiyana Universitas Pekalongan
Keywords: Media Pembelajaran, E-Learning, Lectora Inspire, Perbandingan Trigonometri

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi belum tersedianya media pembelajaran yang mambantu belajar siswa secara mandiri, sehingga diperlukan inovasi untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Produk yang dihasilkan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran e-learning matematika pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan. Model pengembangan terbagi menjadi 4 tahap utama yaitu 4D, Define, Design, Develop, dan Disseminate atau diadaptasi menjadi 4P, yaitu Pendefisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Farasi 2 SMK Muhammadiyah Karanganyar yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan ata yang dilakukan meliputi wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis dara berupa analisis validitas dan analisis kepraktisan. Penelitian ini dibatasi hinga Tahap Develop (Pengembanan) saja karena Tahap Disseminate (penyebaran) belum memungkinkan dilakukan pada tempat penelitian. Hal tersebut dikarenakan tempat penelitian hanya pada satu sekolah saja, dan sampel penelitian hanya dilakukan pada satu kelas dari 7 (tujuh) kelas X parallel. Hasil penelitian dimulai dari tahap pendefinisian melalui wawancara dan observasi memperoleh hasil desain media pembelajaran. Media pembelajaran e-learning berbantuan Lectora Inspire disesuaikan dengan kebutuhan siswa kelas X Farmasi 2 SMK Muhammadiyah Karanganyar. Tahap perancangan diperoleh media pembelajaran e-learning berbantuan Lectora Inspire yang dapat diakses secara online melalui komputer atau handphone. Tahap pengembangan diperoleh bahwa media pembelajaran e-learning berbantuan Lectora Inspire layak digunakan dan dinyatakan valid oleh validator dengan nilai Va = 4,12 dan masuk kategori valid. Berdasarkan respon siswa, media pembelajaran e-learning berbantuan Lectora Inspire dinyatakan praktis oleh responden dengan nilai kepraktisan yang didapatkan adalah 0,8125 dan masuk pada kategori sangat praktis.