THE TEACHING STRATEGIES TOWARDS HOGWARTS STUDENTS‟ DEVELOPMENT REFLECTED IN “HARRY POTTER AND THE CHAMBER OF SECRET” FILM

  • Ika Octavia Universitas Pekalongan
  • Dwi Ario Fajar Universitas Pekalongan
Keywords: Teaching Strategies, Harry Potter and The Chamber of Secret, Scaffolding,, Cooperative Learning

Abstract

Dewasa ini, guru menggunakan strategi sebagai alat untuk pembelajaran aktif kepada peserta didik sehingga dapat mengeksplor, mendapatkan pengalaman, berlatih dan menguasai materi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, strategi pembelajaran di perlukan sebagai alat yang menginspirasi dan memberi ide dalam penggunaan berbagai strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran dapat membantu guru membagikan materi dengan mudah dan menarik perhatian peserta didik pada pembelajaran. Penggunaan strategi juga membantu guru menghadapi peserta didik dengan kebutuhan, kemampuan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dan menjabarkan data tentang strategi pembelajaran dan efeknya terhadap peserta didik “Hogwarts” berdasarkan film “Harry Potter and The Chamber of Secret”. Data yang di gunakan adalah film “Harry Potter and The Chamber of Secret”. Hasil mengungkapkan tentang pembelajaran scaffolding dan kooperatif berdasarkan teori konstruktivisme di setiap karakter yang memberi efek pada peserta didik “Hogwarts” seperti memunculkan rasa ingin tahu, pembelajaran mandiri dan pemecahan masalah. Oleh karena itu, kedua strategi efektif digunakan daripada strategi ceramah