DEVELOPING FARKHAN‟S TRAVELLING YOUTUBE CHANNEL AS WRITING TEACHING MEDIA OF RECOUNT TEXT

  • Mokhammad Farkhan Universitas Pekalongan
  • Inayatul Ulya Universitas Pekalongan
Keywords: Learning media, YouTube video, Recount text

Abstract

Penggunaan media digital untuk pembelajaran di era pandemi saat ini sangat dianjurkan. Apalagi dalam pembelajaran berbasis video seperti youtube, dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video YouTube untuk materi teks recount dan menjelaskan bagaimana tahapan uji kelayakan media dan respon yang ditunjukkan mahasiswa dan dosen terhadap media pembelajaran video youtube. Penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis video YouTube pada materi recount text dengan responden dari mahasiswa semester 2 Pendidikan Bahasa Inggris pada kelas konteks menulis professional, Universitas Pekalongan. Penelitian ini menggunakan teori dan tahapan model pengembangan Borg & Gall. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket terkait kebutuhan siswa akan media pembelajaran khususnya teks recount. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kebutuhan siswa akan media alternatif dalam teks recount sangat besar. Sebagian besar siswa antusias dan termotivasi dengan penggunaan video youtube sebagai media pembelajaran. Sebanyak 95% siswa menilai konten video sesuai dengan materi, dan 80% siswa juga setuju bahwa media youtube dapat menjadi media pembelajaran alternatif untuk materi teks recount, dan 70% siswa menilai kualitas video masih kurang dan perlu perbaikan. Selain itu, media juga telah mendapatkan validasi kelayakan oleh validator dari dosen dan ahli media.