IMPLIKASI IKONITAS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI KELAS X SMA

  • Aji Sopian Nugroho Universitas Pekalongan
  • M. Haryanto Universitas Pekalongan
  • Ribut Achwandi Universitas Pekalongan
Keywords: ikonitas, Menulis Puisi, radikal

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan implikasi ikonitas dengan pembelajaran menulis puisi di SMA kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik baca catat. Analisis data dilakukan dengan cara : 1) Membaca atau mempelajari data, menandai kata-kata kunci dan gagasan yang ada dalam kata, 2) Mempelajari kata-kata kunci itu, berupaya menemukan tema-tema yang berasal dari data, 3) Menuliskan model yang ditemukan, 4) Koding yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi ikonitas pada pembelajaran menulis puisi di SMA Kelas X dapat mempermudah peserta didik dalam menulis puisi dan siswa tidak mudah terpengaruh dengan berbagai macam informasi yang bersifat radikal.