PRESUPPOSISI PADA SCHOOL PODCAST EPISODE 4-7 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI KELAS X DI SMK

  • 1. Merina Wijayanti Kusuma Astuti Universitas Pekalongan
  • Ika Arifianti Universitas Pekalongan
Keywords: Implikasi Pembelajaran Teks Eksposisi, Presupposisi, School Podcast

Abstract

Penelitian ini berjudul presupposisi pada school podcast episode 4-7 dan implikasinya dalam pembelajaran teks eksposisi kelas x di SMK.Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis presuposisi yang yang terjadi pada school podcast episode 4-7 dan mendeskripsikan bagaimana kaitannya pembelajaran teks eksposisi kelas X SMK dengan presupposisi.Berdasarkan masalah yang diteliti ada dua rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, yaitu Bagaimana bentuk presupposisi yang terjadi pada tuturan school podcast episode 4-7 dan bagaimanakah implikasi presupposisi dalam school podcast episode 4-7 dengan pembelajaran teks eksposisi kelas X SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa penggalan tuturan podcaster dalam school podcast episode 4-7 yang mengalami presupposisi.Sumber data penelitian ini adalah tuturan lisan podcaster dalam school podcast episode 4-7.Tekni pengumpulan data ini berupa (1) teknik simak, (2) teknik rekan dan (3) teknik catat.Hasil penelitian yang ditemukan, yaitu (1) presupposisi faktif, (2) presupposisi non- faktif, (3) presupposisi struktural, (4) presupposisi leksikal, (5) presupposisi eksistensial dan (6)presupposisi konterfaktual. Presupposisi yang ditemukan pada penelitian ini sebanyak 65 temuan. 27 temuan dari presupposisi faktif, lima temuan dari presupposisi non faktif, 25 presupposisi struktural, dua presupposisi leksikal, lima presupposisi eksistensial dan satu presupposisi konterfaktual.Presupposisi yang dominan muncul presupposisi faktif dan presupposisi struktural. Penelitian ini dapat dijasikan sebagai acuan penelitian lainya. Saran dari penelitian ini bagi setiap orang agar lebih memperhatikan konteks pembicaraan, dan juga dapat memperhatikan maksud dari apa yang sedang di perbincngkan agar tidak terjadi presupposisi secara berlebihan.