KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH SELENA DALAM NOVEL SELENA KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN PROSA FIKSI KELAS XII SMA

  • Tri Cahyono Universitas Pekalongan
  • Ariesma Setyarum Universitas Pekalongan
Keywords: Teori Kepribadian Abraham Mashlow, Kepribadian, Kebutuhan, Pembelajaran Prosa Fiksi

Abstract

Penelitian yang berjudul “Kepribadian Humanistik Tokoh Selena Dalam Novel Selena karya Tere Liye dan Implikasinya Pada Pembelajaran Prosa Fiksi Kelas XII SMA ini di latar belakangi oleh novel yang menceritakan suatu peristiwa yang berkaitan dengan kepribadian seseorang dalam memenuhi kebutuhannya. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan tokoh Selena dalam novel Selena karya Tere Liye berdasarkan teori kepribadian humanistik Abraham Mashlow. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca, teknik catat, dan kajian pustaka. Data dalam penelitian ini di analisis dengan cara mengidentifikasi, mengklasifikasi, menguraikan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk kebutuhan dasar manusia terdapat pada tokoh Selena dalam novel Selena Karya Tere Liye. Pada tokoh Selena memenuhi lima kebutuhan dasar manusia menurut teori kepribadian humanistik Abraham Mashlow, yaitu: kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan rasa cinta dan dimiliki, kebutuhan akan harga diri, dan kebutuhan aktualisas diri. Dengan adanya kebutuhan dasar manusia menurut teori kepribadian humanistik Abraham Mashlow pada tokoh Selena dalam novel Selena karya Tere Liye, maka peneliti akan mengimplikasikannya pada pembelajaran prosa fiksi di SMA kelas XII pada kompetensi dasar 3.9 yaitu menganalisis isi dan kebahasaan novel. Sehingga penelitian ini dapat dijadikan bahan ajar materi menganalisis suatu tokoh dan berguna sebagai tambahan pengetahuan tentang lima kebutuhan dasar manusia yang perlu terpenuhi.