NILAI PERJUANGAN TOKOH PADA NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHIRISNA PABICHARA DAN IMPLIKASINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN NOVEL DI SMA

  • Agus Stiawan Universitas Pekalongan
  • Erwan Kustriyono Universitas Pekalongan
  • Ariesma Setyarum Universitas Pekalongan
Keywords: nilai perjuangan, novel, pembelajaran di SMA

Abstract

Novel adalah karangan prosa yang lebih panjang dari cerita pendek dan menceritakan kehidupan seseorang dengan lebih mendalam dengan menggunakan bahasa sehari-hari serta banyak membahas aspek kehidupan manusia.Pada cerita yang terdapat pada novel Sepatu Dahlan tersebut tentunya dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai nilai perjuangan yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan.Sehubungan dengan objek kajian ungkapan yang mengandung nilai perjuangan.Dengan demikian, penelitian ini diharapkan peserta didik memahami nilai perjuangan yang dimaksud oleh pengarang dan tidak salah mengartiakan maksud kata-kata kiasan nilai perjuangan pada novel yang baca, sehingga perlu adanya pengkajian mengenai nilai perjuangan.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan nilai perjuangan tokoh dalam novel SepatuDahlankaryaKhirisnaPabichara. (2) Mendeskripsi implikasi hasil penelitian dalam pembelajaranbahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini akan memakai metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknikbaca dan teknik catat.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini memiliki kesimpulan yaitu nilai perjuangan terdapat pada hampir setiap wacana atau dialog buku novel Sepatu Dahlan. Nilai perjuangan yang ada di penelitian ini diterdapat 5 nilai perjuangan, yaitu nilai perjuangan rela berkorban, nilai perjuangan persatuan, nilai perjuangan harga-menghargai, nilai perjuangan sabar dan semangat pantang menyerah, nilai perjuangan kerja sama. Implikasi pembelajaran disekolah mengenai nilai perjuangan dapat diterapkan diSMA yang terletak pada materi menganalisis isi dan kebahsaan novel.Dengan demikian, penelitian ini diharapkan peserta didik memahami nilai perjuangan yang dimaksud oleh pengarang dan tidak salah mengartiakan maksud kata-kata kiasan nilai perjuangan pada novel yang baca, sehingga perlu adanya pengkajian mengenai nilai perjuangan.Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat bermanfaat untuk pembaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khusunya mengenai nilai perjuangan.