PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION-JUMPING TASK UNTUK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH

  • Nur Rokhisah Universitas Pekalongan
  • M. Najibufahmi Universitas Pekalongan
Keywords: Modul Pembelajaran, 4D, Realistic Mathematic Education- Jumping Task

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul statistika berbasis realistic mathematic education-jumping task untuk kelas VIII. Latar belakang penelitian ini adalah beragamnya kemampuan pemahaman  peserta didik sehingga diperlukakan media pembelajaran yang mampu membantu peserta didik belajar secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan modul pembelajaran berbasis RME-JT dengan kriteria valid dan praktis. Prosedur penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D, yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyembaran (dissemination). Namun tahap yang dilakukan peneliti hanya sampai tahap pengembangan (development)  dikarenakan keterbatasan waktu. Hasil penelitian ini adalah (1) modul yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 3,73  dari ahli media dan mendapat skor rata-rata 3,99 dari ahli materi pada uji validasi produk. Dapat disimpukan bahwa modul tersebut termasuk dalam kategori baik. (2) Modul yang dikembangkan memperoleh persentase 80% dari peserta didik dalam uji kepraktisan. Dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik.

Published
2022-07-26