ANALISIS PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN LANGKAH POLYA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH

  • Sofiroh Febriani Universitas Pekalongan
  • M. Najibufahmi Universitas Pekalongan
Keywords: pemecahan masalah, langkah Polya, prestasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketercapaian siswa dalam memecahan masalah matematika soal uraian aritmatika sosial berdasarkan langkah Polya ditinjau dari prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIIIA SMP N 2 Bojong. Instrumen pengumpulan data adalah lembar tes uraian dan lembar wawancara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) 32,14% dari jumlah siswa termasuk dalam kategori prestasi belajar tinggi, 42,86% dari jumlah siswa termasuk dalam kategori prestasi belajar sedang, dan 25% dari jumlah siswa termasuk dalam kategori prestasi belajar rendah, (2) 3,57% dari jumlah siswa tidak dapat memecahkan masalah sesuai langkah Polya, 32,14% dari jumlah siswa dapat memecahkan masalah sesuai langkah Polya sampai langkah pertama, 42,86% dari jumlah siswa dapat memecahkan masalah sesuai langkah Polya sampai langkah kedua, 21,43% dari jumlah siswa dapat memecahkan masalah sesuai langkah Polya sampai langkah ketiga, 0% dari jumlah siswa yang dapat memecahkan masalah sesuai langkah Polya sampai langkah keempat, (3) ketercapaian pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya ditinjau dari prestasi belajar adalah: (a) siswa kategori prestasi belajar tinggi cenderung dapat melaksanakan pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya sampai langkah ketiga, (b) ketercapaian pemecahan masalah pada siswa kategori prestasi belajar sedang cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan siswa kategori prestasi belajar tinggi yaitu sampai langkah kedua. Terdapat beberapa siswa hanya sampai langkah petama, (c) ketercapaian pemecahan masalah pada siswa kategori prestasi belajar rendah cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan siswa kategori prestasi belajar sedang yaitu sampai langkah pertama.

Published
2022-07-26