ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT GENERASI MILLENIAL DALAM BERINVESTASI SAHAM DI PLATFORM DIGITAL PADA ERA DIGITALISASI

  • Hana Fauzia Qothrun Nada Universitas Trunojoyo Madura
  • Nafisa Alyana Universitas Trunojoyo Madura
  • Sifa Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Digitalisasi, Platform, Minat Investasi

Abstract

Perkembangan teknologi terhadap sektor keuangan sangatlah signifkan. Ditandai dengan berbagai inovasi baru yang bemunculan guna memberikan kemudahan kepada masyarakat. Contohnya seseorang yang ingin membuka rekening tabungan haruslah mendatangi bank mengisi banyak formulir pendaftaran dan lain sebagainya, berbeda dengan zaman sekarang, membuka rekening cukup dengan membuka melalui aplikasi dan mendaftar secara online dan kartu akan dikirim ke alamat kita, tak terkecuali pada bidang investasi. Dahulu seseorang yang hendak berinvestasi haruslah mendatangi manajer investasi ataupun bank dengan melakukan registrasi mengisi sedemikian banyak persyaratan yang mungkin seorang calon investor belum tentu memahami akan hal tersebut. Pada era digitalisasi ini, sudah banyak bermunculan platform-platform yang memudahkan investor dalam berinvestasi cukup dengan membuka rekening dan registrasi via online. Bersamaan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin meningkat, mempelajari dunia investasi sangat mudah dan terbuka lebar. Informasi dapat diakses melalui konten youtube, jurnal, buku, berita, iklan, dan sebagainya. Bahkan baik cara menganalisis, memilih, tips dan trik, bahkan strategi sudah sangat banyak sekali tersedia secara online dan gratis. Hal tersebut menunjukan bahwa dunia investasi saat ini sangat diminati oleh semua kalangan tidak terkecuali generasi millenial. Selaras dengan latar belakang diatas, penelitian ini bertujuan untuk megetahui apa saja faktor yang mempengaruhi minat millenial dalam melakukan kegiatan investasi dalam ruang lingkup mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Variabelnya diantaranya tingkat pengetahuan, motivasi, iklan, literasi digital, lingkungan, dan modal. Objek penelitian adalah mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25 dengan jumlah data 100 responden dengan analisis faktor.

Published
2023-02-07
Section
Articles