PENGARUH EDUKASI SADAR INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI MELALUI MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KALANGAN MAHASISWA

  • Shofatun Nida Universitas Pekalongan
  • Mauludin Jihad Alfiyan Mubarok Universitas Pekalongan
  • Dzakiyya Salma Kamila Universitas Pekalongan

Abstrak

Minimnya kesadaran investasi pada kalangan mahasiswa, menjadikan perlu adanya edukasi yang dilakukan secara efekif. Edukasi ini dapat direalisasikan melalui jaringan media sosial karena sifatnya yang cepat tersebar dan mudah diakses. Melihat kalangan mahasiswa yang gemar berselancar di media sosial, menunjukkan adanya peluang untuk memberikan pengaruh akan pentingnya kesadaran investasi dengan menyajikan konten-konten yang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Variabel yang digunakan dalam analisis adalah variabel Y minat investasi, variabel X kuantitas edukasi sadar investasi disertai variabel Z media sosial sebagai variabel intervening. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah generasi milineal dengan umur 18-25 tahun di Universitas Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh edukasi sadar investasi terhadap minat investasi kalangan mahasiswa. . Hal ini menunjukkan manfaat ataupun peranan media sosial di era saat ini yang mampu memberi pengaruh kepada mahasiswa untuk berinvestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kuantitas edukasi sadar investasi berpengaruh positif signifikan terhadap media sosial, Kuantitas edukasi sadar investasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi, media sosial berpengaruh positif segnifikan terhadap minat investasi, dan media sosial mampu memediasi hubungan antara Kuantitas edukasi sadar investasi terhadap minat investasi.
Bagian
Articles