PENGARUH EDUKASI SADAR INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI MELALUI MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KALANGAN MAHASISWA
Shofatun Nida
Universitas Pekalongan
Mauludin Jihad Alfiyan Mubarok
Universitas Pekalongan
Dzakiyya Salma Kamila
Universitas Pekalongan
Abstrak
Minimnya kesadaran investasi pada kalangan
mahasiswa, menjadikan perlu adanya edukasi yang
dilakukan secara efekif. Edukasi ini dapat direalisasikan
melalui jaringan media sosial karena sifatnya yang cepat
tersebar dan mudah diakses. Melihat kalangan mahasiswa
yang gemar berselancar di media sosial, menunjukkan
adanya peluang untuk memberikan pengaruh akan
pentingnya kesadaran investasi dengan menyajikan
konten-konten yang menarik. Metode penelitian yang
digunakan adalah kualitatif. Variabel yang digunakan
dalam analisis adalah variabel Y minat investasi, variabel
X kuantitas edukasi sadar investasi disertai variabel Z
media sosial sebagai variabel intervening. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
menggunakan angket atau kuesioner. Populasi dari
penelitian ini adalah generasi milineal dengan umur 18-25
tahun di Universitas Pekalongan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis pengaruh edukasi sadar
investasi terhadap minat investasi kalangan mahasiswa. .
Hal ini menunjukkan manfaat ataupun peranan media
sosial di era saat ini yang mampu memberi pengaruh
kepada mahasiswa untuk berinvestasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Kuantitas edukasi sadar investasi
berpengaruh positif signifikan terhadap media sosial,
Kuantitas edukasi sadar investasi berpengaruh positif
signifikan terhadap minat investasi, media sosial
berpengaruh positif segnifikan terhadap minat investasi,
dan media sosial mampu memediasi hubungan antara
Kuantitas edukasi sadar investasi terhadap minat investasi.