CERDAS FINANSIAL DALAM BERINVESTASI DENGAN METODE SMART (SPECIFIC, MEASURABLE, ACHIEVABLE, RELEVANT DAN TIMEBASED) DALAM MEMBENTUK GEMES (GENERASI MUDA SEMANGAT INVESTASI)
Ahmad Syaugi
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Astrid Selma Dharmawan
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Maria Lasma Franssisca
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Abstrak
Saat ini, ramai dibicarakan mengenai investasi dikalangan generasi muda sehingga menjadi hal yang lumrah untuk diketahui. Tanpa melihat risiko yang ada, mereka langsung terjun ke dalam dunia investasi. Oleh karena itu, sering kali terjadinya kegagalan dalam berinvestasi khususnya yang
dilakukan para generasi muda di Indonesia. Hal itu terjadi
karena masih banyak yang belum paham mengenai pentingnya
strategi perencanaan dalam berinvestasi. Oleh karena itu,
banyak generasi muda yang belum teredukasi mengenai
pengetahuan dalam investasi sehingga memutuskan untuk
tidak melanjutkannya. Melalui penelitian ini, peneliti memiliki
tujuan agar generasi muda dapat mengenali berbagai macam
strategi perencanaan investasi untuk memperoleh keuntungan
yang diinginkan dengan menggunakan metode SMART
(Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-Based)
serta menentukan pengaruh dari penerapan strategi investasi
dalam membentuk GEMES (Generasi Muda Semangat
Investasi). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif dengan data primer. Teknik pengumpulan data
dikumpulkan melalui formulir berbasis daring. Teknik analisis
data yang digunakan berupa analisis kualitatif mulai dari
reduksi dan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Objek
penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ sebanyak 100 informan yang dipilih menggunakan
teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini
terdiri 10 pernyataan. Penelitian ini menghasilkan bahwa
metode SMART dalam membentuk generasi muda semangat
investasi ternyata membuka peluang besar terhadap financial
stability, memberikan kemudahan dalam perencanaan
investasi yang lebih terstruktur, dan membuka mindset
berinvestasi sejak dini. Dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode specific, measurable, achievable, relevant, dan time-based sangat berpengaruh dalam menyusun strategi investasi dan perencanaan kedepan dalam membentuk generasi muda semangat investasi untuk mencapai tujuan keuangan.