FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN (STUDI DIPUSKESMAS BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN)

  • Mei Nia Widyaningrum Magister Manajemen Universitas Pekalongan
  • Siti Nurhayati Magister Manajemen Universitas Pekalongan
Keywords: Bukti Fisik, Reabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Pasien, Puskesmas

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Adapun metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknis analisis data yang digunakan adalah SPSS dengan metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F, koefisien determinasi, uji t dan analisis regresi berganda. Dengan menggunakan metode regresi berganda dapat disimpulkan bahwa variabel Daya tanggap dan Jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kehandalan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Bukti Langsung berpengaruh tidak positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien.

Published
2024-03-28