PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK , KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMODERASI MINAT BELI

  • Nurul Hasan Magister Manajemen Universitas Pekalongan
  • Danang Satrio Magister Manajemen Universitas Pekalongan
Keywords: harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, keputusan pembelian, minat beli

Abstract

Setiap usaha atau perusahaan akan menarik konsumen untuk membeli produknya. Dengan memunculkan minat beli diusahakan dapat menjadikan konsumen mengambil keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan. Perkembangan dunia usaha membuat pengusaha menampilkan produk terbaiknya dengan layanan, serta keterjangkauan konsumen dalam segi harga. Oleh karena itu setiap pengusaha harus menempatkan diri terhadap kemampuan dalam menarik keputusan pembeli sehingga dapat berhasil dalam menjalankan kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan yang dimoderasi minat beli terhadap keputusan pembelian di kawasan kuliner gemek kedungwuni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan kuisioner. Sampel penelitian berjumlah 110 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS 4.melalui uji inner model dan outer model, Bootstrapping, dan PLS Predict.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) harga dan kualitas produk, tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) minat beli tidak berpegaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dimoderasi minat beli.

Published
2024-03-28