MOTIVASI KONSUMER PANGAN LOKAL DAN KAITANNYA DENGAN TRADISI SETEMPAT DALAM PERAYAAN KEGIATAN KEAGAMAAN

  • Poppy Arsil Jurusan Teknologi Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: pangan lokal, MEC analisis, etnis, tradisi, perayaan keagamaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi konsumer dalam kaitannya dengan tradisi setempat pada perayaan kegiatan keagamaan. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang melibatkan tiga etnis di Indonesia yaitu etnis Minagkabau, Jawa dan Sunda. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Pendekatan Means-End Chain (MEC) analisis digunakan untuk mengkaji motivasi konsumer dalam mengkonsumsi pangan lokal. Tahapan analisis yang digunakan adalah laddering, content analysis, konstruksi Hierarchy Value Map (HVM) dan interpretasi hasil. Tiga jalur utama yang teridentifikasi dari penelitian ini adalah “menjaga kelangsungan budaya dan sumberdaya lokal”, “meningkatkan hubungan sosial kemasyarakatan” dan “bahagia”. Adapun detail mengenai masing-masing pathway dibahas dalam makalah ini.