MOTIVASI KONSUMER PANGAN LOKAL DAN KAITANNYA DENGAN TRADISI SETEMPAT DALAM PERAYAAN KEGIATAN KEAGAMAAN
Poppy Arsil
Jurusan Teknologi Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi konsumer dalam kaitannya dengan tradisi
setempat pada perayaan kegiatan keagamaan. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang
melibatkan tiga etnis di Indonesia yaitu etnis Minagkabau, Jawa dan Sunda. Sampel dipilih dengan
menggunakan teknik multistage random sampling. Pendekatan Means-End Chain (MEC) analisis
digunakan untuk mengkaji motivasi konsumer dalam mengkonsumsi pangan lokal. Tahapan analisis
yang digunakan adalah laddering, content analysis, konstruksi Hierarchy Value Map (HVM) dan
interpretasi hasil. Tiga jalur utama yang teridentifikasi dari penelitian ini adalah “menjaga kelangsungan
budaya dan sumberdaya lokal”, “meningkatkan hubungan sosial kemasyarakatan” dan “bahagia”.
Adapun detail mengenai masing-masing pathway dibahas dalam makalah ini.