KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DI ERA SOCIETY 5.0

  • Aria Elshifa Institut Teknologi Sains Dan Teknologi Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Ary Dwi Anjarini Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Mafturrohman Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
Keywords: kepemimpinan transformasional, pendidikan, Era Society 5.0

Abstract

Artikel ini memaparkan kepemimpinan transformasional sebagai upaya pengembangan pendidikan di era Society 5.0. Kepemimpinan transformasional menjadi bagian yang mempengaruhi pola pikir para pemimpin untuk dapat mengubah dengan menumbuhkan sikap hormat para anggotanya, dan juga dapat mengubah ekspektasi dari para anggotanya guna meningkatkan kepercayaan dan kemampuan diri. Hal ini menjadi tanggungjawab dari semuanya sebagai bentuk upaya pengembangan pendidikan menjadi pendidikan yang berkualitas dan memiliki daya saing. Oleh sebab itu, sumber daya manusia harus ditingkatkan kemampuannya. Sebagaimana di era revolusi industri 4.0 yang diisukan sumber daya manusia mulai dikuranginya perannya dalam berbagai hal, selanjutnya dimunculkan era Society 5.0 yang diharapkan adanya keseimbangan antara pemanfaatan teknologi dan manusia. Kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin pendidikan dengan sikap yang transformasional dapat menumbuhkan pemahaman yang dilakukan melalui pemberdayaan diri sendiri dengan cara membaca berbagai kajian literatur mengenai kepemimpinan transformasional.

Author Biographies

Aria Elshifa, Institut Teknologi Sains Dan Teknologi Nahdlatul Ulama Pekalongan

Institut Teknologi Sains Dan Teknologi Nahdlatul Ulama Pekalongan

Ary Dwi Anjarini, Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan

Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan

Mafturrohman, Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan

Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan

Section
Articles