PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KEAMANAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN KONSUMEN TEMPE DI PASAR GELUGUR RANTAUPRAPAT

  • Devri Juwita laia Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhabatu
  • Sumitro Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu
Keywords: Konsumen, Kualitas Produk, Harga

Abstract

Perusahaan yang memiliki image yang baik dimata konsumen umumnya akan lebih menarik calon konsumen karena mereka yakin bahwa perusahaan tersebut memiliki kualitas yang baik dan dapat dipercaya. Sebab dimata konsumen, perusahaan yang terpercaya adalah jaminan atas konsistensi kinerja suatu produk dan penyediaan manfaat apapun yang dicari konsumen ketika membeli produk dari perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 33 responden. Uji instrumen dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis varian garis regresi, koefisien determinasi berganda, uji F, uji t, efektivitas garis regresi berganda, standart error of estimate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kuantitas produk dan harga jual berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha produk tempe pada kelompok pengrajin tempe yang ada di pasar Gelugur sebesar 68,8%, sedangkan 31,2% dipengaruhi faktor lain diluar model penelitian. Sementara itu, pengaruh yang paling dominan antara kuantitas produk dan harga jual terhadap pendapatan usaha produk tempe pada kelompok pengrajin tempe yang berada dipasar gelugur adalah kuantitas produk sebesar 58,5%.

Author Biography

Sumitro, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Labuhanbatu

Section
Articles