PENGARUH KEAMANAN, KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI ERA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus Pada Pelanggan Situs Jual Beli Online Tokopedia Di Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang)

  • Anis Maulidiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
  • M. Shofiyuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
Keywords: keputusan pembelian, keamanan, kemudahan dan kepercayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh keamanan, kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online di era pandemi covid 19. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan belanja online melalui website tokopedia.com. jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dengan pasti. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 orang, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Adapaun kriteria pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.1) Pelanggan Tokopedia Di Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang dan 2) Pernah melakukan pembelian online melalui tokopedia minimal 2 kali selama masa pandemi covid 19. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keamanan, kemudahan dan kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian online di era pandemi covid 19.

Author Biographies

Anis Maulidiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

M. Shofiyuddin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Section
Articles