PENGARUH FOOD QUALITY, SERVICE QUALITY, PRICE, DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada Warung Makan Kampung Jawa - Pawone Simbah)

  • Farhan Dwi Nugroho Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
  • Arif Budiharjo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
  • Ari Muhardono Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
Keywords: Food Quality, Service Quality, Price

Abstract

Persaingan bisnis di Indonesia semakin ketat, termasuk bisnis di bidang kuliner. Para pelaku usaha perlu mengoptimalkan kinerjanya agar dapat unggul bersaing dan dapat memenuhi harapan pelanggannya. Oleh karena itu, perlu strategi pemasaran agar dapat menciptakan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan sangat bermanfat bagi pelakunya. Pelanggan yang puas akan cenderung untuk membeli ulang produk atau jasa yang telah dikonsumsi dan merekomendasikan hal tersebut kepada calon pelanggan lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh food quality, service quality, price, dan experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan pada Warung Makan Kampung Jawa – Pawone Simbah di Kabupaten Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Warung Makan Kampung Jawa – Pawone Simbah. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah data primer dengan sumber data berasal dari penyebaran kuesioner secara online. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji kecocokan model, dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program IBM Statistik SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa food quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, service quality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, price berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Author Biographies

Farhan Dwi Nugroho, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Arif Budiharjo, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Ari Muhardono, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Section
Articles