MENINJAU SUATU PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE

  • Herinda Felasa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Keywords: Bentuk Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan JNE, dimana jasa pengiriman seperti ini sudah semakin banyak pesaingnya. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dan pada tahap analisis akan digunakan uji validitas dan uji reabilitas yang selanjutnya uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda serta dilakukan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil uji simultan bahwa variabel bebas yang meliputi kepuasan yaitu Bentuk Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati secara bersama sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan JNE karena Fhitung lebih besar dari Ftabel. Dan berdasarkan uji parsial bahwa variabel Daya Tanggap mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pelanggan JNE, karena Daya Tanggap mempunyai thitung lebih besar dari ttabel dan paling besar daripada variabel lainnya.

Author Biography

Herinda Felasa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu

Section
Articles