EFEKTIFITAS PENERAPAN DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS ETG DAN NON-ETG (EDUCATIONAL-TECHNOLOGY-GADGET) DALAM PENINGKATAN IBC (INDEPENDENT-BEHAVIOR-CONSTRUCTION) DAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

  • Didit Kurniadi Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Budaya, Universitas AKI
  • Mohamad Fajarianditya Nugroho Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Informatika, Universitas AKI
Keywords: PPK, Generasi Milenial, IBC, Bahasa Inggris, ETG

Abstract

Implementasi PPK kurikulum 2013 edisi revisi untuk siswa generasi milenial tidak fokus pada peningkatan kompetensi mata pelajaran saja, tetapi lebih ke peningkatan karakter, khusunya kemandirian. Penelitian ini berlandaskan pada permasalahan apakah ada hubungan yang signifikan antara bahan ajar berbasis ETG terhadap peningkatan kompetensi IBC dan Bahasa Inggris siswa serta perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa inggris yang diajar dengan berbasis ETG jika dibandingkan dengan yang non ETG. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan mengkaji apakah ada hubungan yang signifikan antara bahan ajar berbasis ETG terhadap peningkatan kompetensi IBC dan Bahasa Inggris siswa serta untuk menemukan Apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa inggris yang diajar dengan berbasis ETG jika dibandingkan dengan yang non ETG. Metode penelitian adalah R&D dengan jenis penelitian faktorial desain yang bersumber dari kuantitatif eksperimen. Di luar studi pustaka, analisis kurikulum, dan survey, penelitian dimulai dari pre test, treatment, post test, pengumpulan dan analisis data yang kemudian disimpulkan sebagai indikator capaian.