PEMBELAJARAN TEKS SASTRA DENGAN PENDEKATAN LINGUISTIK FUNGSIONAL SISTEMIK

  • Retno Hendrastuti Balai Bahasa Jawa Tengah
Keywords: LFS, pembelajaran, teks sastra

Abstract

Teks sastra dibentuk oleh penggunaan bahasa yang di dalamnya ada konteks situasi dan budaya. Tulisan ini membahas pembelajaran teks sastra dengan pendekatan linguistik fungsional sistemik (LFS). Dengan menggali unsur leksikogrammatikal teks sastra diharapkan dapat ditemukan bagaimana sastrawan mengekspresikan ide-idenya dalam merespon masalah yang diangkatnya dalam karyanya. Secara garis besar akan dikupas bagaimana teks sastra merefleksikan konteks situasi dan konteks budaya, pembelajaran sastra berbasis teks, serta pengugnaan LFS sebagai pendekatan apresiasi sastra. Hal tersebut sesuai dengan roh kurikulum 2013 berbasis teks yang menekankan pada pembentukan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar, I. N. 2010. “Analisis Pijak Kaki W.S Rendra Dalam Puisi Berjudul “Sajak Pertemuan Mahasiswa”: dengan Menggunakan Pendekatan Tatabahasa Fungsional”. Jurnal Medan Bahasa. Volume 5, Nomor 1, Juli.

Elfitriani. 2012. Proyeksi dalam Cerita Rakyat Melayu: Kajian Linguistik Sistemik Fungsional. Tesis. Sekolah Pascasarjana Program Studi Magister Linguistik. Universitas Sumatera Utara

Faruk. (2012). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Halliday, M.A.K & Hasan, R. 1992. Bahasa, Konteks, dan Tek. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Ismail, T. 2008. Mengakar ke Bumi Menggapai ke Langit 3, Himpunan Tulisan 1960-2008. Jakarta: panitia 55 Tahun Taufiq Ismail dalam sastra Indonesia dan majalah Sastra Horizon.

Juramli. 2015. “Transitivitas pada Teks Daqaaiqul Akhbar: Telaah Fungsi Ideasional dalam Kajian Linguistik Fungsional Sistemik”. Tesis. Universitas Mataram.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Taja Grafindo Persada.

Rosmawaty. 2011. Tautan Konteks Situasi Dan Konteks Budaya: Kajian Linguistik Sistemik Fungsional Pada Cerita Terjemahan Fiksi ”Halilian”. Litera, Vol. 10, No. 1, April 2011

Sufanti, M. 2014. Penyisipan Teks Sastra dalam Pembelajaran Teks Nonsastra sebagai Upaya Peningkatan Gairah Bersastra. Prosiding Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXXVI, 577—583

Siregar, R.K. 2009. Genre Fiksi dalam Linguistik Fungsional Sistemis: Perbandingan Teks “Lau Kawar” dan “Putri Tikus”. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, Vol. V, No. 1, April 2009.

Wiana, D. 2010. Analisis Tema pada Pantun Melayu. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, Vol. 3 No. 2, 383—392.
Wiratno, T. 2013. “Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks dan Jenis-Jenis Teks”. Disajikan pada Sosialisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Penddidikan dan Kebudayaan.