DISTORSI KEBAHASAAN NASKAH PEMENTASAN MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI SEMARANG DALAM MATA KULIAH DRAMA

  • Azzah Nayla Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fatimah Universitas PGRI Semarang
Keywords: naskah pementasan, distorsi, unsur kebahasaan

Abstract

Penentuan kualitas suatu naskah pementasan, diperlukan beberapa kriteria, yang sayangnya sering tidak dipenuhi dengan baik oleh para penulis naskah. Terutama pada unsur-unsur kebahasaan sering terlewatkan dan diabaikan oleh para penulis naskah.Unsur kebahasaan yang dimaksud adalah diksi, kohesi, koherensi, dan penggunaan tanda baca. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bentuk kebahasaan distorsi kebahasaan naskah pementasan mahasiswa Univesitas PGRI Semarang dalam Mata Kuliah Drama. Digunakan metode penelitan kualitatif dengan pendekatan multidisplin dalam penelitian terhadap distorsi kebahasaan naskah pementasan mahasiswa Univesitas PGRI Semarang dalam Mata Kuliah Drama. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dibutuhkan pula pedoman analisis naskah drama. Digunakan teknik pemeriksaan data yaitu: a) Perpanjangan Keikutsertaan, b) Analisis Konten, c) Triangulasi. Terdapat sebelas bentuk naskah yang unsur kebahasaannya distorsif. Hal ini menjadi sebab kurang berkualitasnya naskah pementasan yang ditulis oleh mahasiswa Univesitas PGRI Semarang dalam Mata Kuliah Drama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baraja, Abubakar. 2006. Mendidik Anak dengan Teladan. Jakarta: Studia Press.

Bunain, Burhan. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Cipta Loka Caraka. 1971. Teknik Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.

Djariyo, dkk. 2012. Peningkatan Pengalaman Estetis Melalui Pergelaran Drama Tari dalam Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hasil penelitian tidak dipublikasikan. IKIP PGRI Semarang.

Hariyanto, P. 2000. Pengantar Belajar Drama. Yogyakarta: PBSID Universitas Sanata Dharma.

Hasanudin, Ws. 1996. Kethoprak panjen dalam dua Dimensi. Bandung: Angkasa.

Jabrohim, Chairul Anwar, Suminto A. Sayuti. 2009. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ngatmini, dkk. 2013. Teknik Menulis Dongeng Bertema Kearifan Lokal. Modul pelatihan.

Soemanto, Bakdi. 2001. Jagad Teater. Yogyakarta: Media Pressindo.

Sumardjo, Jacob dan K.M. Saini. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Widyamartaya. 1978. Kreatif Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.

Zaidah, Nuning, dkk. 2015. Dramaturgi Upacara Suro di Kabupaten Magelang dalam Perspektif Performance Studies. Hasil penelitian tidak dipublikasikan. Universitas PGRI Semarang.

Zaidah, Nuning, dkk. 2016. Buku Ajar Pembelajaran Pementasan Drama Berbasis Cerita Panjen di Perguruan Tinggi. Hasil penelitian tidak dipublikasikan. Universitas PGRI Semarang.

Zaidah, Nuning, dkk. 2016. Analisis Tuturan Upacara Pengantin Adat Jawa Tengah dalam Kajian Hermeneutika. Hasil penelitian tidak dipublikasikan. Universitas PGRI Semarang.