STUDI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SURAKARTA

  • Memet Sudaryanto Universitas Sebelas Maret
Keywords: literasi, sekolah, Surakarta

Abstract

Gerakan literasi sekolah merupakan upaya nyata pemerintah dalam meningkatkan dan mempersiapkan mutu sumber daya manusia di sekolah.. Tujuan utama adanya gerakan literasi di sekolah selain karena tuntutan kurikulum yang jelas juga menambah semangat gemar membaca pada siswa, walaupun masih ada siswa yang belum memiliki motivasi membaca yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang melibatkan guru sebagai fasilitator literasi di kelas. Analisis data menggunakan modifikasi analisis data mengalir dan analisis pragmatis. Hasilnya, tuntutan siswa untuk membaca buku yang sudah tersedia di perpustakaan mendorong aturan yang diterapkan mengenai kebijakan satu bulan sekali wajib ganti buku. Langkah dalam gerakan literasi sekolah ini adalah, (1) pendidik memilih satu buku sesuai selera pendidik dengan tema sosial, (2) pendidik mengharuskan peserta didik untuk membaca buku yang telah disediakan, (3) guru dan peserta didik secara bersama-sama mereview buku tersebut. Review buku ini berisi amanat buku. Diharapkan dalam kegiatan ini, peserta didik mampu mengambil nilai moral, sosial dan nilai-nilai lainnya yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antasari, Indah Wijaya. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Banyumas. Jurnal Libria Vol. 9 No. 1 Juni 2017

Faizah, Dewi Utami dkk. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI

Nafisah, A. 2014. Arti Penting Perpustakaan bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2 (2), 69-81.

Nurdiyanti, Eko dan Edy Suryanto. 2010. Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Sisiwa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia. Volume 13 No 2, http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/ index.php/paedagogia/article/view/153

Wandasari, Y. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2 (2), 12–22.

Wildova, Radka. 2014. Initial Reading Literacy Development in Current Primary School Practice. Procedia - Social and Behavioral Sciences 159: 334-339. (http://www.sciencedirect.com/science)