PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI BARU PADA ERA DISRUPSI

  • Ahmad Syaifudin Universitas Negeri Semarang
Keywords: perangkat pembelajaran, literasi baru, disrupsi

Abstract

Perubahan peradaban pada era disrupsi perlu sikapi dengan mengedepankan kecepatan dan ketepatan dalam menjalankan seluruh aktivitas. Dalam hal pendidikan, perubahan paradigma dalam membangun peradaban dapat dibangun melalui pengembangan perencanaan pembelajaran yang akaodatif dengan perkembangan zaman. Era disrupsi yang menempatkan literasi baru menjadi modal utama seakan perlu diejawantahkan dalam pembelajaran yang diawali dari perencanaan dalam bentuk perangkat pembelajaran. Salah satu caranya dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lietrasi baru. Dengan memberdayaakan MGMP, pengembangan perangkat pembelajaran akan lebih baik dengan ciri terintegrasi literasi baru. Rancangan yang dihasilkan dapat didiskusikan dan dikomentasi untuk menghasilkan dokumen perangkat pembelajaran lebih baik. Semangat menamkan budaya literasi baru ini sejalan dengan gerakan literasi yang digagas oleh pemerintah dalam rangka mengatasi ketertinggalan Indonesia pada parameter PISA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambigapati. 1999. Literasi dan Pengajaran. Penang: USM, Malaysia.

Aoun, Joseph E. 2017. Robot-Proof: Higher Education in the Age of Artificial Intelligence. Publisher: MIT Press.

Depdiknas. 2009. Pedoman Dana Bantuan Langsung MGMP dan Forum MGMP. Jakarta: Ditjen PMPTK.

Gunawan, I. 2016. “Model of Educational Leadership in the Implementation of Curriculum 2013”. Proceedings the 4th International Conference Language, Society, and Culture in Asian Contexts (LSCAC 2016) on Cultivating and Casting Asian Diversities: Empowering the Asians, 24-25 Mei, hlm. 1109-1118.

Hidayat, A., dan Machali, I. 2013. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa.

Kamalasari dan Eli Rohaeti. 2009. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran(MGMP)”. Prodjosantoso, A.K., Nurfina Aznam, Indyah Sulistya A., Sugiyarto (Ed.). 2009. Prosiding Seminar Nasional Kimia: Peningkatan Kualitas Pendidikan Penelitian Kimia Menyongsong UNY sebagai World Class University. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY, hlm. 185–191.

Kurnia, Ijang. 2013. “Hubungan Supervisi Pembelajaran Dan Motivasi Mengikuti Mgmp Dengan Peningkatan Kompetensi Guru”. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Volume 10 Nomor 1 Edisi Januari 2013, hlm. 1028–1040.

Sadiman, Arief. 2006. Kurikulum Pendidikan dan Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Sopiah. 2010. “Pengembangan Kualitas Profesional Pendidik di Indonesia”. Forum Tarbiyah, Vol. 8, No. 1, Juni 2010, hlm. 45–55.

Sukmadinata. 2005. Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Bandung: Rosdakarya.

Suyono. 2009. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Bahasa dan Seni Tahun 37, Nomor 2, Agustus 2009, hlm. 203–217.

Syaifudin, A., Rokhman, F., & Zulaeha, I. 2017. Pengembangan Strategi Pembelajaran Tematik Integratif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 2(2).

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.