PENGINTERGRATIFAN KREATIVITAS SEBAGAI SOFT SKILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

  • Fathiaty Murtadho Universitas Negeri Jakarta
  • Reni Nur Eriyani Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Soft Skill, Sikap Kreatif, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Industri kreatif merupakan pilar utama dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang memberikan dampak yang positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Industri kreatif menyerap sekitar 5,4 juta pekerja dan menyumbang Rp 81,5 triliun atau 9,13 persen terhadap total ekspor nasional dan ditargetkan dapat memberi sumbangan sekitar 7-8 persen terhadap PDB pada tahun 2015. Tujuan lulusan SMA yang tertuang dalam Standar Kompetensi Lulusan SMA yaitu memiliki kompetensi untuk melaksanakan pekerjaan tertentu dengan performance dapat mengembangkan diri, dan memiliki kecakapan untuk menjalani kehidupannya secara baik sebagaimana yang dipersyaratkan oleh dunia kerja sesuai dengan keahliannya, dengan bentuk bekerja langsung melalui proses produksi. Penelitian ini bertujuan dapat menghasilkan rancangan model intergratif penumbuhan sikap kreativitas melalui pembelajaran Bahasa dan Sastra di SMA. Pengintergratifan perilaku kreatif dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesiadi SMA sebagai suatu softskill. Metode penelitian yang digunakan adalah deskritif analisis yang berupa tinjauan pustaka. Hasil yang diharapkan berupa model rancangan dari pmbelajaran yang berbasis softskill.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Neil, Carsten K.W. De Dreu, and Bernard A. Nijstad. 2003. The Routinization of Innovation Research: A Constructively Critical Review of the State-of-the-Science, Department of Work and Organizational Psychology University of Amsterdam Nederland, http://users.fmg.uva.nl/nanderson/JOBSI.pdf, diakses 11 September.

Atkinson, Rita., Atkinson, Richard, C., & Hilgard, Ernest, R., 1983. Introduction to Psychology, 8th Ed. Harcourt Brace Jovanovich, Inc.

Barlow, Cgristopher M. Deliberate Insight in Team Creativity, Journal of Creative Behaviour 2nd qtr 2000 Berliner, David, C. & Calfee, Robert.C.(Editor). 1996. Handbook of Educational Psychology. New York, Simon & Schuster Macmillan.

BSNP, (2004), Panduan Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Budiningsih, Asri, C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.

Campbell, David.1986. Mengembangkan Kreativitas. Yogyakarta: Kanisius.

Chen, Chi-Kuang; Jiang, Bernard C.; and Hsu, Kuang-Yiao. 2005. An Empirical Study of Industrial Engineering and Management Curriculum Reform in Fostering Students’s Creativity. European Journal of Engineering Education, vol. 30, no. 2, May 2005, 191- 202.

Davis K, (1981). Human Behavior at Work, Tata Mc Graw-Hill Publishing, Co, New Delhi.

DeGraff, Jeff. Creating Value through Creativity, Copyright 2003, h. 1; Creativity at Work, http://www.creativity-at-work.com.pdf, diakses 15 Sept 2003, h. 1.

DEPDIKNAS, (2007), Model Pembelajaran Tematik, Materi Sosialisasi KTSP, http://ktsp.diknas.go.id/ktsp_sd.php
----------------, (2007), Penyusunan KTSP, Materi Sosislisasi KTSP, http://ktsp.diknas.go.id/ktsp_sd.php
----------------. 2002. Memiliki dan Melaksanakan Kreativitas, Inovasi dan Jiwa Kewirausahaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Tingkat Pertama, Jakarta.

Erickson, H. Lynn, (2002), Concept Based Curriculum, Teaching Beyond the Fact, Corwin Press, Inc., California

Gage, N.L. & Berliner, David, C. (1984). Educational Psychology 3 rd Ed. Boston, Houghton Mifflin Company. 17

Gagne, Ellen, D., 1985. The Cognitive Psychology of School Learning. Boston, Little, Brown and Company

Hawadi, Reni Akbar, R. Sihadi Darmo Wihandjo, dan Mardi Wiyono. 2001. Keberbakatan Intelektual. Jakarta: Grasindo

Henry, Jane (ed.). 1991. Creative Mangement, Sage Publications London.
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 162 tentang Pedoman Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Kilby, Jan. Creativity is one of the greatest assets in the workplace http://www.bizjournals.com/css, From the July 13, 2001, diakses 19 Maret 2003.

Leonard, Nancy, H., Beauvais, Laura Lynn., & Scholl Richard, W., 1995. "A Self Concept-Based Model of Work Motivation". In The Annual Meeting of the Academy of Management (URL: http://chiron.valdosta.edu/wh...).

Munandar, Utami. 1992. Anak-anak Berbakat, Rajawali Jakarta.

Munandar, Utami. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munawir Yusuf. 1997. Operasionalisasi Program Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (Satu Alternatif Konsep Model), Bahan Seminar Operasionalisasi KKNUdan KKB di UNISSULA Semarang tanggal 13 September 1997.

Oldham, Grey R and Anne Cummings. Employee Creativity, Academy of Management Journal, Vol. 39 No. 3 June 1996.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 1992 tentang Tenaga Kependidikan.
Porter, Bobbi De dan Mike Hernacki. 2001. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Robbins, Stephen P, Terry Waters-Marsh, Ron Cacioppe, Bruce Millett. 1994. Organizational Behaviour, Prentice-Hall of Australia Pty Ltd, Sydney, h. 22, 50 dan 704.

Rose, Colin dan Malcolm J. Nicholl. 2002. Accelerated Learning. Bandung: Nuansa.

Sagala, Syaiful., 2004. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung, Penerbit Alfabeta.

Salim Siagian dan Asfahani. 1995. Kewirausahaan Indonesia dengan Semangat 17.8.45. Kloang Klede Jaya PT Putra Timur bekerjasama dengan Puslatkop dan PK Depkop dan PPK. Jakarta.

Sarbini, H. Makmur dalam Majalah Warta Koperasi, No. 57 Thn XIII, 1994. 18

Sedgwick, H. (2000). Are You Cut Out to be a Successful Entrepreneur?: Eight Personality Traits Are Typical of Winners [Online]

Semiawan, Conny. 1997. Perspektif pendidikan Anak Berbakat, PT. Gramedia widisarana Indonesia, Jakarta.

Sternberg, Robert J (ed). 1999. Handbook of Creativity. Edinburgh: Cambridge University Press.

Timpe, Dale A. 2000. Creativity, alih bahasa Sofyan Cikmat, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Treffinger, D. J. 1986. Research on Creativity, Gifted Child Quarterly. Allyn & Bacon, Boston.

West, Michael A. 2000. Mengembangkan Kreativitas Dalam Organisasi, terjemahan, Kanisius, Yogyakarta.

Wiggins, Grant & McTighe (1998), Understanding by Design, Association for supervision and Curriculum Development, USA

William, Borgen, and Hiebert, Bryan. (2002). Technical and Vocational Education and Diklat in the 21st Century: New Roles and Challenges for Guidance and Counselling. Paris : United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Wortman, Camille., Loftus, Elizabeth. & Weaver, Charles., 2004. Psychology, 5th Ed. Boston, McGraw-Hill.