OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERCERITA ANAK MELALUI MEDIA POP UP

  • Hanindya Restu Aulia Universitas Pekalongan
  • M. Chamdi Rochmat Universitas Pekalongan
Keywords: bercerita, media, pop up

Abstract

Ihwal kemampuan bercerita pada anak merupakan fenomena yang menarik untuk dikaji. Melalui bercerita anak dengan mudah menyampaikan keinginan, pengetahuan, dan perasaannya. Sayangnya, tidak semua anak mampu bercerita secara lancar. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah media untuk memantik kemampuan bercerita anak. Buku pop up merupakan sebuah buku yang memiliki gambar yang nyata karena akan timbul apabila dibuka. Selain itu, buku ini juga memiliki gambar dan warna yang sangat menarik. Dengan demikian, hal tersebut dapat menarik perhatian dan minat anak dalam bercerita. Melalui penggunaan buku pop up dalam pembelajaran ataupun permainan akan mengoptimalisasikan kemampuan bercerita anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Bachri, S. Bactiar, 2005, Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-kanak Tehnik Dan prosedurnya, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dieni, Nurbiana. 2011. Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta: Universitas Terbuka.

Dzuanda, B. 2009. Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri “Gatotkaca”. Surabaya : Desain Produk Institut Teknik Surabaya.

Moeslichatoen, R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Mustakim, Muh. Nur, 2005, Peranan Cerita dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK, Jakarta: Depdiknas.

Sadiman, Arief S. dkk. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Umayah, Siti., Sri Haryani, dan Woro Sumarni. 2013. “Pengembangan Kartu Bergambar Tiga Dimensi sebagai Media Diskusi Kelompok pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Kehidupan”. Unnes Science Education Journal. Vol. 2, No. 2, hal. 1-6.