BUDAYA LITERSI MAHASISWA UNIVERSITAS PEKALONGAN CERMIN AKULTURASI BUDAYA MASYARAKAT PESISIR

  • Erwan Kustriyon Universitas Pekalongan
  • Ariesma Setyarum Universitas Pekalongan
  • M. Haryanto Universitas Pekalongan
Keywords: literasi, masyarakat pesisir, akulturasi

Abstract

Budaya pesisir memiliki kekhasan dan karakteristik berbeda dari daerah lain. Masyarakat pesisir yang dimaksud adalah masyarakat Pekalongan yang diidentikkan dengan masyarakat yang memiliki budaya yang beragam. Budaya tersebut merupakan akulturasi budaya Jawa, Arab dan Tionghoa. Kekhasan tersebut juga terdapat di Universitas Pekalongan yang mahasiswanya mayoritas berasal dari kawasan pesisir (Pemalang, Pekalongan, Batang). Tujuan artikel ini mendeskripsi budaya litersi mahasiswa Universitas Pekalongan dan budaya literasi merupakan cermin akulturasi budaya masyarakat pesisir sebagai pemersatu dalam isu sosial, budaya dan pendidikan masyarakat pesisir. Hasil artikel ini budaya literasi mahasiswa Universitas Pekalongan masih rendah (38%) dari sampel yang digunakan dalam penelitian, literasi baca dan tulisnya masih kurang baik, terbukti minat baca kurang, kepemilikan bahan bacaan kurang dan minat ke perpustakaan masih rendah. Akulturasi budaya masyarakat pekalongan lebih kuat dan mendukung dalam bidang perdagangan, agama, potensi perikanan, tekstil,dan budaya, sedangkan bidang tersebut tidak berbanding lurus atau mendukung budaya literasi dasar (keterampilan membaca dan menulis) masyarakat Pekalongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, dan Hana Yunansyah. 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Agus, Muhammad. 2018. “Rekayasa Perangkat Akuakultur pada Era Revolusi Industri 4.0 sebagai Upaya Inovasi Akademis dalam Perwujudan Kampus Kreati”. Orasi Ilmiah Dies Natalis XXXVII Universitas Pekalongan. Pekalongan: Unikal Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.