Mutan: Literasi Kesetaraan Hak Dalam Pendidikan (Kajian Sosiologi Sastra terhadap Film X-Man)
Keywords:
diskriminasi, sosiologi sastra, X-Man
Abstract
Film sebagai suatu karya fiksi tidak hanya mengetengahkan realitas imajinasi manusia tetapi sekaligus merepresentasikan pemikiran tentang realitas manusia itu sendiri baik dalam bentuk deskripisi maupun kritik. Oleh karena itu, film merupakan media pendidikan yang potensial sebagai sarana literasi kritis bagi masyarakat. Makalah ini mengangkat isu tentang kesetaraan dalam pendidikan terutama bagi siswa dengan kebutuhan khusus yang disimbolkan melalui film X-Man. Makalah ini membahas tentang isu kritik kesetaraan dalam pendidikan dan diskriminasi dalam sistem pendidikan yang direfleksikan dalam film X-Man. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh diinterpretasi menggunakan teori-teori sastra sebagai pisau analisis. Penelitian ini menggunakan pendekata sosiologi sastra dimana film sebagai semi-genre sastra dipandang sebagai representasi dari realitas. Data berupa data visual potongan-potongan adegan film dan kata-kata dari skrip film. Sumber data primer dari penelitian ini adalah film X-Man The Last Stand sedangkan data sekundernya adalah jurnal-jurnal penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Film X-Men merupakan suatu simbolisasi dari pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus yang digambarkan dalam film sebagai siswa mutan di Xavier Institute yang mengalami penolakan dari masyarakat pada umumnya. Film ini menggambarkan sekaligus mengkritik institusi pendidikan kurang perhatian terhadap siswa berkebutuhan khusus dan masyarakat yang deskriminatif terhadap siswa berkebutuhan khusus.Downloads
Download data is not yet available.
References
Damono, Sapardi Djoko. 2002. Pedoman Penelitian Sastra, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Adi, Ida Rochani. 2011. Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode dan Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Santosa, Heru Wijaya dan Wahyuningtyas, Sri. 2011. Sastra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka
Mifzal, Abiyu. 2012. Anak Autis Berprestasi: Panduan Tepat Membidik Anak Autis. Yogyakarta: Familia
Shanty, Meita. 2012. Strategi Belajar Khusus Untuk Anak Dengan IQ Diatas Rata-rata. Yogyakarta: Familia
Perdana, S, Isna. 2012. Lebih Paham dan Dekat Dengan Anak ADD dan ADHD. Yogyakarta: Familia
Fajarina, Tina. 2012. Kisah-kisah Mistis Keajaiban Anak Indigo. Yogyakarta: IN AzNa Books
Chatib, Munif dan Said, Alamsyah. 2012. Sekolah Anak-anak Juara. Bandung: Kaifa
Sumarto, Hadi. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi. Pekalongan: Universitas Pekalongan
Long, Martyn. 2003. The Psychology of Education. New York: Taylor and Francis Group
Farrel, K William. 2000. Literature and Film as Modern Mythology. USA: Greenwood Publishing Group, Inc
Arnheim, Rudolf. 1997. Film As Art. California: University of California Press
Oxford Dictionary. 2005. London: Oxford University Press
http://www.crystalinks.com/indigochildren.html
http://www.oktapiyanti.files.wordpress.com/2011/09/menerapkan-teknik-pengambilan-gambar-produksi.pdf
Adi, Ida Rochani. 2011. Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode dan Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Santosa, Heru Wijaya dan Wahyuningtyas, Sri. 2011. Sastra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka
Mifzal, Abiyu. 2012. Anak Autis Berprestasi: Panduan Tepat Membidik Anak Autis. Yogyakarta: Familia
Shanty, Meita. 2012. Strategi Belajar Khusus Untuk Anak Dengan IQ Diatas Rata-rata. Yogyakarta: Familia
Perdana, S, Isna. 2012. Lebih Paham dan Dekat Dengan Anak ADD dan ADHD. Yogyakarta: Familia
Fajarina, Tina. 2012. Kisah-kisah Mistis Keajaiban Anak Indigo. Yogyakarta: IN AzNa Books
Chatib, Munif dan Said, Alamsyah. 2012. Sekolah Anak-anak Juara. Bandung: Kaifa
Sumarto, Hadi. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi. Pekalongan: Universitas Pekalongan
Long, Martyn. 2003. The Psychology of Education. New York: Taylor and Francis Group
Farrel, K William. 2000. Literature and Film as Modern Mythology. USA: Greenwood Publishing Group, Inc
Arnheim, Rudolf. 1997. Film As Art. California: University of California Press
Oxford Dictionary. 2005. London: Oxford University Press
http://www.crystalinks.com/indigochildren.html
http://www.oktapiyanti.files.wordpress.com/2011/09/menerapkan-teknik-pengambilan-gambar-produksi.pdf
Section
Kajian Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.