Mutan: Literasi Kesetaraan Hak Dalam Pendidikan (Kajian Sosiologi Sastra terhadap Film X-Man)

  • Yudhistira Samiaji SD Eka Tjipta Sungai Beran Putat, Kalimantan Barat Indonesia.
Keywords: diskriminasi, sosiologi sastra, X-Man

Abstract

Film sebagai suatu karya fiksi tidak hanya mengetengahkan realitas imajinasi manusia tetapi sekaligus merepresentasikan pemikiran tentang realitas manusia itu sendiri baik dalam bentuk deskripisi maupun kritik. Oleh karena itu, film merupakan media pendidikan yang potensial sebagai sarana literasi kritis bagi masyarakat. Makalah ini mengangkat isu tentang kesetaraan dalam pendidikan terutama bagi siswa dengan kebutuhan khusus yang disimbolkan melalui film X-Man. Makalah ini membahas tentang isu kritik kesetaraan dalam pendidikan dan diskriminasi dalam sistem pendidikan yang direfleksikan dalam film X-Man. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh diinterpretasi menggunakan teori-teori sastra sebagai pisau analisis. Penelitian ini menggunakan pendekata sosiologi sastra dimana film sebagai semi-genre sastra dipandang sebagai representasi dari realitas. Data berupa data visual potongan-potongan adegan film dan kata-kata dari skrip film. Sumber data primer dari penelitian ini adalah film X-Man The Last Stand sedangkan data sekundernya adalah jurnal-jurnal penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Film X-Men merupakan suatu simbolisasi dari pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus yang digambarkan dalam film sebagai siswa mutan di Xavier Institute yang mengalami penolakan dari masyarakat pada umumnya. Film ini menggambarkan sekaligus mengkritik institusi pendidikan kurang perhatian terhadap siswa berkebutuhan khusus dan masyarakat yang deskriminatif terhadap siswa berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damono, Sapardi Djoko. 2002. Pedoman Penelitian Sastra, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Adi, Ida Rochani. 2011. Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode dan Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Santosa, Heru Wijaya dan Wahyuningtyas, Sri. 2011. Sastra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka

Mifzal, Abiyu. 2012. Anak Autis Berprestasi: Panduan Tepat Membidik Anak Autis. Yogyakarta: Familia

Shanty, Meita. 2012. Strategi Belajar Khusus Untuk Anak Dengan IQ Diatas Rata-rata. Yogyakarta: Familia

Perdana, S, Isna. 2012. Lebih Paham dan Dekat Dengan Anak ADD dan ADHD. Yogyakarta: Familia

Fajarina, Tina. 2012. Kisah-kisah Mistis Keajaiban Anak Indigo. Yogyakarta: IN AzNa Books

Chatib, Munif dan Said, Alamsyah. 2012. Sekolah Anak-anak Juara. Bandung: Kaifa

Sumarto, Hadi. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi. Pekalongan: Universitas Pekalongan

Long, Martyn. 2003. The Psychology of Education. New York: Taylor and Francis Group

Farrel, K William. 2000. Literature and Film as Modern Mythology. USA: Greenwood Publishing Group, Inc

Arnheim, Rudolf. 1997. Film As Art. California: University of California Press

Oxford Dictionary. 2005. London: Oxford University Press

http://www.crystalinks.com/indigochildren.html

http://www.oktapiyanti.files.wordpress.com/2011/09/menerapkan-teknik-pengambilan-gambar-produksi.pdf