BAK TRUK SEBAGAI SARANA PEMERTAHANAN BAHASA DAERAH

  • Rawinda Fitrotul Mualafina Universitas PGRI Semarang
Keywords: bak truk, pemertahanan bahasa, bahasa Jawa, Sosiolinguistik

Abstract

Tujuan dari tulisan ini adalah memaparkan peran bak truk sebagai sarana pemertahanan bahasa daerah, yang dalam hal ini adalah bahasa Jawa. Data yang terkumpul diperoleh dari sejumlah sumber si media sosial dan internet yang menunjukkan sejumlah gambar tulisan di bak truk. Hasil yang diperoleh meliputi sejumlah bentuk penggunaan bahasa Jawa pada bak truk sebagai pemertahanan bahasa dan fungsi penggunaan bahasa Jawa tersebut terhadap keberadaannya di kalangan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rawinda Fitrotul Mualafina, Universitas PGRI Semarang


Universitas PGRI Semarang

[email protected]

References

Anonim. 2018. “Terungkap, Ini Hubungan Tulisan Bak Truk Antarkota dan Penulis. https://www.bernas.id/57509-terungkap-ini-hubungan-tulisan-di-bak-truk-antar-kota-dan-penulis.html. Diakses pada 13 September 2018.

Chamalah, Evi dan Turahmat. 2016. “Tindak Tutur Ekspresif pada Bak Truk sebagai Alternatif Materi Ajar Pragmatik.” Bahastra. Maret 2016 Volume XXXV Nomor 2 halaman 27—40.

Dewi, Maylani Nursita. 20014. “Tindak Tutur pada Ungkapan Bak Truk di Sepanjang Jalan Ringroad Solo-Sragen Tinjauan: Pragmatik.” Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Holmes, Janet. 2013. An Introductions to Sociolinguistics. New York: Routledge.

J., M. Nasiruddin T. 2014. “Wacana Grafiti Indonesia pada Bak Truk: Analisis Wacana Kritis.” Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Kusumaningtyas, Sheila. 2017. “Realitas dari Bak Truk. http://www.lampost.co/berita-realita-dari-bak-truk. Diakses pada 13 September 2018.

Mesthrie, Rejend, dkk. 2004. Introducting Sociolinguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press.

Pratama, Nicholas Willi Adhi. 2013. “Fenomena di Balik Lukisan Bak Truk.” Ruparupa. Desember 2013 Volume 2 Nomor 2 halaman 10—132.

Saputri, Nia. 2016. “Penggunaan Diksi pada Bak Truk di Sekitar Jalan Ringroad Mojosongo sebagai Bahan Ajar Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP.” Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sukayasa, Komang Wahyu. 2009. “Gaya Elektik dan Subkultural pada Ilustrasi Bak-bak Angkutan Truk di Bandung sebagai Sebuah Gmabaran Kehidupan Sosial di Masyarakat.” Bandung: LPPM Universitas Kristen Mranatha Bandung.