ANALISIS GAYA HIDUP, PRESTISE, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN NONGKRONG DI COFFEE SHOP RANTAUPRAPAT

  • Aditya Dwi Putra Universitas Labuhan Batu
  • Sumitro Universitas Labuhan Batu
Keywords: Gaya Hidup, Prestise, Kelompok Referensi, Keputusan Nongkrong, keputusan konsumen

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk membuktikan faktor variabel independen gaya hidup, prestise, dan kelompok referensi berpengaruh langsung terhadap keputusan nongkrong masyarakat di Coffee Shop. Selain itu, ingin menguji variabel keputusan nongkrong dampaknya pada kepuasan konsumen setelah mengkonsumsi di Coffee Shop. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 100 sampel. Penelitiam ini memilih teknik accidental sampling yakni kebetulan responden berada di coffee shop yang di Rantauprapat. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer (berupa kuesioner) menggunakan google form yang disebarkan secara online. Teknik skala yang digunakan skala likert dengan pernyataan jawaban mulai dari Sangat Setuju (5), Setuju (4), Kurang Setuju (3), Tidak Setuju (4) dan Sangat Tidak Setuju (1). Teknis analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini SmartPLS v 3.0 yakni outer model termasuk validitas convergent dan discriminant dari indikator pembentuk konstruk laten dan composite reliability serta cronbach’s alpha untuk blok indikatornya. Sedangkan pada inner model bertujuan memprediksi hubungan antar variabel laten dengan melihat R-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup tidak berpengaruh positif terhadap keputusan nongkrong di Coffee Shop, prestise berpengaruh positif terhadap keputusan nongkrong di Coffee Shop, kelompok referensi berpengaruh positif terhadap keputusan nongkrong di Coffee Shop, gaya hidup tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen di Coffee Shop, kelompok referensi berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen di Coffee Shop dan keputusan nongkrong berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen nongkrong di coffee shop.
Section
Articles