PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JNE AGEN COROLET DI CIPUTAT

  • Arif Siaha Widodo Universitas Pamulang
  • Surti Wardani Universitas Pamulang
Keywords: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap,kepuasan pelanggan serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan JNE AGEN COROLET.Penelitian bersifat kuantitatif asosiatif. Dengan populasi sebanyak 7.917, sampel yang digunakan sebanyak 99 responden dengan teknik random sampling. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis/uji t.Hasil penelitian ini menunjukan uji validitas semua valid, uji reliabilitas semua reliable, uji koefisien korelasi diperoleh nilai R (koefisien korelasi) sebesar 0,351 artinya variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang RENDAH terhadap kepuasan pelanggan, uji koefisien determinasi sebesar 0.123, artinya kualitas pelayanan (X) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) sebesar 12,3% sedangkan sisanya sebesar 88,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji regresi linier sederhana dengan persaman regresi linier sederhana Y = 18,356 + 0,255x, nilai konstanta = 18,356 menunjukan pengaruh positif sebesar 18,356, dan nilai Kepuasan Pelanggan (Y) = 0,255, artinya jika variabel Kualitas Pelayanan (X) mengalami kenaikan satu maka Kepuasan Pelanggan (Y) akan mengalami kenaikan sebesar 0,255. Peningkatan variabel (X) kan mengakibatkan peningkatan variabel (Y), dan nilai t tabel pada penelitian ini adalah 2,365 dilihat dari t tabel dengan df = 99 - 2 = 97.diperoleh t hitung > t tabel sebesar 3,691 > 2,365, hal ini diperkuat dengan nilai ρ value

Author Biographies

Arif Siaha Widodo, Universitas Pamulang

Universitas Pamulang

Surti Wardani, Universitas Pamulang

Universitas Pamulang

Section
Articles