PENGEMBANGAN MEDIA PICTURE AND PICTURE INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA

  • Stefi Yolanda Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
  • Retno Winarni Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Septi Yulisetiani Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Keywords: Picture and Picture Interaktif

Abstract

Keterampilan berbicara ialah salah satu dari 4 keterampilan berbahasa yang digunakan untuk komunikasi dalam proses pembelajaran. Namun dalam keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat kendala di saat pandemi covid 19 seperti saat ini. Terdapat faktor penghambat yaitu kurangnya rasa percaya diri dan tidak lancar berbicara. Namun, ada cara berbeda untuk meningkatkan keterampilan berbicara yaitu pembelajaran digital melalui media pembelajaran picture and picture interaktif berbasis aplikasi articulate storyline. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bicara peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan Research and Development (Rnd). Pengembangan ini diadopsi melalui model ADDIE. Subjek penelitian ini ialah guru dan peserta didik kelas 3 SD. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif.. Hasil validasi media pembelajaran picture and picture interaktif berbasis aplikasi articulate storyline menunjukkan kategori sangat layak. Uji keefektifan pada media peserta didik juga mengalami peningkatan dari 68,4 meningkat menjadi 83,4. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran picture and picture interaktif berbasis aplikasi articulate storyline dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Maka dengan demikian media ini mampu meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik.