ANALISIS PENINGKATAN PROGRAM PENJAMINAN MUTU DI SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM MENGHADAPI DIGITAL TEACHING AND LEARNING

  • Lina Pujiastuti Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
  • Dinny Devi Triana Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
  • Pinta Deniyanti Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
Keywords: Program Penjaminan Mutu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterkaitan program penjaminan mutu di Sekolah Islam Terpadu yang telah dilaksanakan secara periodik dengan kesiapan sekolah untuk menjalankan kegiatan digital teaching and learning. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dengan metode studi dokumentasi dan kajian literatur, sedangkan subjek penelitian adalah SMP IT Ummul Quro Bogor. Pengumpulan data melalui dokumentasi laporan hasil akreditasi sekolah. Analisis data menggunakan triangulasi dan pemeriksaan standar kualitas dengan member-checking. Hasil menunjukkan bahwa komponen standar penilaian penjaminan mutu yang digunakan secara tidak langsung sudah menerapkan pembelajaran berbasis digital namun saat sebelum pandemi masih terbatasi . Beberapa komponen standar yang dapat mempengaruhi digital teaching and learning, yaitu: komponen yang sangat berpengaruh: standar proses, standar pengelolaan, standar tendik, Standar sarana dan prasarana, dan standar pembinaan siswa dalam lisensi. Secara implikasi komponen komponen tersebut secara substansial sudah merepresentasikan peserta didik, lembaga sekolah, dan pendidik untuk dapat memberikan langkah-langkah inovatif dalam merancang strategi pembelajaran yang mengarahkan pada literasi digital